Senin, 26 Oktober 2015

Dasar Manajemen



ARTI, SARANA DAN FUNGSI
 MANAJEMEN

RUANG LINGKUP MANAJEMEN
Istilah Manajemen, mengandung 3 pengertian :
1. Manajemen sebagai proses.
2. Manajemen sebagai kolektivitas orang yang beraktivitas.
3. Manajemen sebagai seni dan ilmu.

1 .Manajemen sebagai Proses:
Merupakan proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselengarakan dan diawasi.
2.Manajemen sebagai Kolektivitas:
Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
3.Manajemen sebagai suatu Seni & sebagai suatu Ilmu:
Manajemen sebagai seni berfungsi u/ mencapai tujuan, dan sebagai ilmu berfungsi u/ menerangkan fenomena, kejadian, keadaan           

Definisi Manajemen
Malayu Hasibuan (1986):
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manjusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

GR Terry (1972):
Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan sasaran / tujuan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.


Haiman
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.

Sondang P. Siagian (1978):
Manajemen adalah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain

Perbedaan Ilmu Pengetahuan & Seni :
Ilmu Pengetahuan
1. Berkembang secara   teoritis.
2. Membuktikan.
3. Meramalkan.
4. Memberi definisi.
5. Memberikan kepastian atau ukuran.

Seni
1. Berkemb secara praktis.
2. Merasa.
3. Menerka.
4. Menguraikan atau mengajarkan.  
5. Memberi pendapat.


Berdasarkan sifat kerjanya, manajemen dapat digolongkan menjadi:

1.  Manajemen Administratif (Administrative Management):
 Manajemen yang menitikberatkan pada bidang pemikiran atau kerja pikir.

2.  Manajemen Operatif (Operative Management):
               
Manajemen (pejabat pimpinan) yang langsung memimpin kerja ke arah tercapainya karya yg nyata.

3.  Interpretor:
                Pejabat pimpinan yg dapat menterjemahkan hasil karya manajemen administratif ke bahasa operatif, & sebaliknya.

Berdasarkan luasnya, manajemen dibedakan menjadi:
1.  Makro-manajemen:
              Manajemen pada umumnya (terdapat dalam bidang kenegaraan, perusahaan, dll)
2.  Mikro-manajemen:
Manajemen dalam bidang yang lebih khusus (manajemen agribisnis, manaj keuangan,   MSDM, manaj produksi, dll)

KESIMPULAN:
1.  Manajemen adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan dan seni.
2. Manajemen adalah proses yang sistematis, terkoordinasi, dan koperatif  dalam usaha-usaha      memanfaatkan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
3. Manajemen mempunyai tujuan tertentu.
4. Manajemen hanya dapat diterapkan pada sekelompok manusia yang bekerjasama secara formal serta mempunyai tujuan yang sama. 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar